Warta Strategis

DOB Jadi Kesempatan Emas Bagi Orang Asli Papua

JAYAPURA-Tokoh Muda Papua Steve Rick Elson Mara menilai pemekaran Daerah Otonom Baru adalah kesempatan emas bagi orang asli Papua untuk maju, berkarya dan mandiri.

“DOB Papua adalah kesempatan emas bagi orang Papua untuk maju, berkarya, dan mandiri, serta ajang pembuktian di berbagai bidang, tentunya harus siap dengan skill mumpuni dan kapasitas,” kata Steve kepada Tribun-Papua.com, Selasa (21/6/2022). Lelaki kelahiran Wamena 8 September 1994 itu, optimis Papua akan menjadi lebih baik setelah pemekaran.

“Memutus rentang kendali yang selama ini belum optimal, pelayanan pemerintah dari sisi pendidikan, ekonomi, sosial, dan kesehatan akan semakin menyentuh berbagai pelosok terpencil,”ujarnya. Dalam beberapa kesempatan, ia juga meminta agar orang asli Papua (OAP) bergelar sarjana dapat masuk pegawai tanpa tes. Steve bahkan meminta, agar 80 persen kursi OAP atau 16.000 kursi itu diberikan kepada orang Papua yang sudah sarjana dan jika perlu tanpa mengikuti tes.

Dia mengatakan, pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua bakal segera terwujud. “Bagi saya, sudah tidak ada waktu lagi untuk berbicara soal pro kontra DOB, tetapi harus memiliki pandangan yang membangun ke depannya, bagaimana orang Papua bisa mengisi pemekaran,” katanya. Menurutnya, beragam aksi yang dilakukan hanya membuang energi yang sia-sia.

“Saatnya kita perlu duduk bersama dan melihat Papua ke depan, dengan pembentukan DOB baru, kesempatan apa yang harus kita dorong agar didengar untuk kembali kita sebagai tuan di negeri sendiri dapat mampu mengisi DOB,” ujarnya. Steve memandang DOB Papua sebagai suatu kesempatan bagi orang Papua, agar dapat memantapkan diri mengisi setiap peluang yang ada.(*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Kami juga tidak suka iklan, kami hanya menampilkan iklan yang tidak menggangu. Terimakasih