Warta Strategis

Dukung DOB Papua, Ini Harapan Tokoh Masyarakat Pegunungan Tengah Papua

Tokoh masyarakat Pegunungan Tengah Papua, Elpius Hugi, mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang punya semangat membangun Papua dalam otonomi khusus nomor 2 tahun 2022 melalui pemekaran tiga Daerah Otonom Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan (PPS), Provinsi Papua Tengah (PPT) dan Provinsi Papua Pegunungan (PPP).

“Dengan samangat ini masyarakat Papua tiga wilayah DOB menyambut baik langkah pemerintah pusat yang punya semangat dalam membangun Papua,” kata Elpius Hugi, Kamis (4/8/2022).

Elpius Hugi memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo yang memberikan kepercayaan khusus kepada Wakil Menteri Dalam Negeri, Jhon Wempi Wetipo anak asli papua untuk mendorong pemekaran DOB Papua harus jalan. “Karena kita tahu bersama bahwa Papua sejak ditetapkan UU Pemekaran Papua ini masih terjadi pro kontra sehingga presiden Jokowi tunjuk Wamendagri JWW sebagai anak Papua punya kemampuan untuk menyelesaikan pro kontra itu sehingga proses pemekaran tetap jalan,” ujarnya.

Dikatakan, khusus pemerintahn sementara Provinsi Papua Pegunungan (PPP) dengan ibukota Wamena, mampu merangkul semua masyarakat asli Papua untuk membangun Provinsi baru ini menjadi lebih maju.

“Kami berharap pemekaran DOB Provinsi Papua Pegunungan bisa menjadi suatu tolak ukur pembangunan kesejahteraan masyarakat asli Papua di daerah pegunungan Papua,” kata Elpius. Dijelaskan, pendekatan kesejahteraan papua harus dilakukan, karena dengan adanya Undang-undang pemekaran DOB Papua makan pemekaran harus sesuai dengan usulan Gubernur Papua yaitu 7 wilayah adat untuk menata diri masing-masing daerah itu sendiri.

“Saya memberikan apresiasi kepada asosiasi bupati pegunungan tengah dan mereka menyambut baik dan saya pikir itu satu respon positif. Cuma para bupati ini perlu ada pendekatan dengan masyarakat,” katanya. “Saling bersaing, kompetisi yang sehat untuk membangun dalam rangka kemajuan indonesia,” pungkas Elpius Hugi.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Kami juga tidak suka iklan, kami hanya menampilkan iklan yang tidak menggangu. Terimakasih