Polemik Politik

Kepercayaan Terhadap Presiden Jokowi Meningkat, Bukti Kinerja Pemerintah Dirasakan Rakyat

Oleh : Adelia Dewi )*

Saiful Mujani Reasearch and Consulting (SMRC) melaporkan bahwa kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi meningkat menjadi 76,7 %. Tingginya angka kepuasan terhadap Presiden Jokowi menandakan bahwa kerja keras pemerintah selama ini telah dirasakan rakyat.

Tingkat kepuasan rakyat terhadap Presiden Jokowi masih tetap tinggi. Kepuasan ini diyakini sebagai dampak positif keberhasilan Pemerintah dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang terus menunjukkan tren penurunan kasus. Hal tersebut berimbas pada kebijakan lain yang dinantikan masyarakat, yakni kebijakan Mudik Lebaran 2022.

Data survey yang dibuat oleh Saiful Mujani Reasearch and Consulting (SMRC) menyebutkan bahwa sebanyak 76,6 persen masyarakat mengaku sudah puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Kepuasan tersebut terus mengalami peningkatan sejak bulan April 2022 yang berada pada angka 65,5 persen.

Lebih spesifik, data hasil survey yang dilakukan adalah berdasarkan bagaimana pengelolaan mudik pada Lebaran Idul Fitri 2022 kemarin serta kinerja Presiden. Sirojudin Abbas selaku Direktur Eksekutif SMRC menyatakan bahwa setidaknya terdapat dua hal yang paling disorot oleh masyarakat sehingga mereka mengaku puas atas kinerja Jokowi. Kedua hal tersebut yakni yang pertama mengenai pengendalian pandemi Covid-19 dan yang kedua adalah mengenai pelayanan mudik.

Sementara itu pada kesempatan yang lain, Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan, Juri Ardiantoro mengaku bahwa memang Presiden dan Wakil Presiden mampu untuk memanfaatkan waktu tersisa dari periode masa jabatan mereka hingga bulan Oktober 2024 mendatang dengan sangat baik. Mereka terbukti sama sekali tidak berhenti untuk terus bekerja dan mengantarkan bangsa siap lepas landas.

Kemudian terdapat pula hasil survey lain yang telah dilakukan oleh Lembaga Survei dan Poling Indonesia (SPIN) pada Februari 2022 yang juga menyatakan hasil sama, yakni masyarakat memang memiliki tingkat kepuasan terus meningkat terkait kinerja Presiden Jokowi. Dikatakan oleh Igor Dirgantara selaku Direktur SPIN bahwa beberapa masyarakat juga memberikan masukan mengenai apa saja aspek pembangunan yang hendaknya dilanjutkan oleh Pemerintah.

Beberapa hal tersebut adalah mengenai pemberian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang memang membutuhkan, aspek ketahanan pangan dan juga upaya untuk melakukan modernisasi Alutsista supaya lebih dominan. Selain itu terdapat juga jawaban masyarakat yang menginginkan supaya program Sertifikat Hak Milik (SHM) Tanah, kebebasan beragama, infrastruktur dan bidang ketenagakerjaan juga harus terus dilanjutkan.

Survei yang dilaksanakan oleh SMRC maupun SPIN merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap kinerja Pemerintah. Kendati demikian, hasil survei tersebut hendaknya tidak membuat Pemerintah untuk berpuas diri. Pasalnya, masih banyak program pemerintah yang belum selesai dan masih membutuhkan dukungan masyarakat. Pemerintah diharapkan untuk dapat terus menyelesaikan program pembangunan sesuai target yang telah ditentukan.

          Pemerintah serius dan berkomitmen dalam menyelesaikan berbagai persoalan, sehingga berdampak positif pada tingkat kepuasan publik kepada Pemerintah. Masyarakat pun diharapkan selalu ikut mendukung berbagai kebijakan nasional agar target pembangunan nasional dapat terwujud sesuai harapan.

)* Penulis adalah Pegiat Literasi Maluku

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Kami juga tidak suka iklan, kami hanya menampilkan iklan yang tidak menggangu. Terimakasih