Kabar Ringan

Komisioner KPK Terpilh Panen Dukungan

Oleh : Alfisyah Kumalasari )*

Komisioner KPK terpilih tentu bisa berlega hati, dimana setelah rangkaian panjang tes yang cukup melelahkan telah mereka lewati. Termasuk juga beragam pihak yang menyikapi hal tersebut dengan berbagai penilaian, namun yang jelas ke lima komisioner tersebut adalah orang – orang pilihan dari yang terpilih.

Rangkaian tes yang melelahkan ini, sebelumnya juga telah melewati banyak drama, mulai dari tudingan negatif hingga kinerja Pansel yang kurang memuaskan. Bahkan ada pula yang menilai KPK bakal mati dan lumpuh.

            Beberapa kasus terjadi akibat kecemasan akan tidak berlakunya kembali hukum  KPK. Mengingat banyaknya permasalahan yang tidak selesai hingga carut marut isu pimpinan KPK yang dinilai melenceng dari aturan. Hingga lembaga terbesar antirasuah yang hampir 2 dekade ini layaknya tak dimakna apapun.

            Para koruptor masih saja melenggang dengan bebas. Namun, kepercayaan akan selalu datang, bagi mereka yang bekerja sepenuh hati dan kejujuran. Meski memang harus ada yang dibayar mahal untuk hasil yang diperolehnya.

            Suka cita akan terpilihnya para komisioner KPK ini disambut baik dari beberapa pihak. Banjir dukungan-pun turut dilontarkan sebagai penyemangat untuk menyambut tugas. Media pun menyorot aksi massa yang memberikan dukungan atas terpilihnya komisioner KPK yang baru.

            PDI – P melalui sekjennya menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi terhadap 5 komisioner KPK tersebut. 5 Capim terpilih tersebut antara lain ; Alexander Marwata, Firli Bahuri, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, serta Nurul Gufron. Dukungan tersebut diutarakan oleh Hasto terlebih dalam upaya pemberantasan dan pencegahan korupsi.

            Selain itu, PDI – P juga akan terus melakukan tindakan proaktif guna  mensosialisasikan pencegahan penggunaan kekuasaan.  Khususnya terhadap seluruh petugas partai, baik di struktur partai eksekutif hingga bagian legislatif. Juga pemberlakuan sanksi seberat – beratnya bagi mereka yang tertangkap tangan KPK, antara lain dengan pemecatan seketika maupun yang terlibat tindak pidana korupsi.

            Deras dukungan juga datang dari Ikatan alumni Lemhanas Program Pendidikan Singkat Angkatan XXI atau yang populer dengan IKAL PPSA XXI. Mereka memberikan dukungan penuh kepada seluruh komisioner KPK serta meminta agar tidak pernah mundur melawan beragam tantangan demi masa depan Nusantara. Mereka menilai jika dukungan ni bertujuan agar mereka tidak merasa sendiri berjuang untuk negeri.

            Tercatat 2 diantara 5 komisioner KPK terpilih tersebut merupakan alumnus Lemhanas RI PPSA XXI, yaitu Irjen Pol Firli Bahuri serta Lili Pintauli Siregar. Keduanya merupakan anggota alumnus lembaga tersebut, sehingga secara moril Lemhanas merasa turut bertanggung jawab untuk memberikan dukungannya terhadap kedua komisioner tersebut, agar dalam menjalankan tugasnya, KPK menjadi lembaga independen yang semakin kokoh dan kuat.

            Dengan adanya semangat baru tentu ada juga tantangan baru, tentu ada juga harapan baru agar nasib NKRI mnejadi lebih baik. Pemberantasan korupsi akan mampu menyentuh lapisan teratas hingga tuntas. Lalu berimplikasi agar tikus –tikus kantor segera punah, agar kesenjangan kesejahteraan yang ditimbulkan akibat korupsi akan mampu disetarakan kembali.

            Dengan terpilihnya komisioner KPK yang baru, tentu masyarakat Indonesia berharap akan adanya angin segar bagi upaya pemberantasan korupsi di berbagai sektor.

Adanya pro dan kontra terkait dengan pemilihan komisioner KPK tersebut tentu merupakan hal yang wajar terjadi, bahkan dalam internal KPK sendiri memang selalu ada pro dan kontra antar pegawainya. Namun yang terpenting adalah pembuktian kepada khalayak bahwa tuduhan miring tak kan terbukti melalui kinerja yang baik.

            Kinerja yang dimaksudkan adalah di dalam upaya pemberantasan korupsi, melakukan pencegahan, melakukan edukasi dan bersinergi dengan seluruh penegak hukum guna bersama – sama melenyapkan praktik korupsi.

            Dukungan lainnya juga hadir ketika Anggota Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) melakukan unjuk rasa untuk mendukung pimpinan KPK terpilih agar segera dilantik. Selain itu MPD juga mendukung ke lima komisioner KPK terpilih periode 2019 – 2023, terta mengapresiasi pengesahan revisi UU KPK.

            Kita harus percaya bahwa niat baik akan selalu ada yang mendukungnya, sehingga kelma komisioner KPK tidak perlu risau akan adanya tanggapan miring yang dilontarkan kepadanya, karena mengungkap koruptor jauh lebih penting daripada menanggapi berbaga tuduhan yang tidak benar.

)* Penulis adalah pengamat sosial politik

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close