Sendi BangsaSosial BudayaWarta Strategis

Mengapresiasi Keberhasilan Pemerintah Menguasai Tambang

Oleh : Alfisyah Kumalasari )*

Pemerintah Indonesia berhasil mengakuisisi kepemilikan dari perusahaan tambang nikel, PT Vale Indonesia Merdeka Tbk (INCO). Ini adalah keberhasilan yang sangat patut untuk diapresiasi, karena sebelumnya INCO mayoritas kepemilikannya dipegang oleh Brazil. Sekarang setelah 20 persen sahamnya dibeli oleh Indonesia, maka kepemilikannya kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

PT Vale Indonesia Merdeka Tbk (INCO) adalah perusahaan tambang nikel yang terletak di Sorowako, Sulawesi. Ia berdiri tahun 1968 dan mayoritas sahamnya dipegang oleh pemilik asing. Kini di akhir tahun 2020, perusahaan ini dibeli lagi sahamnya oleh pemerinth Indonesia, melalui holding BUMN Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID).

Hal ini adalah kelanjutan dari perjanjian pendahuluan yang sudah ditandatangani awal oktober 2019 lalu. Prosesnya memakan waktu hampir setahun karena ada negoisasi harga dan juga penyesuaian pasal kerjasama sehingga sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak. Setelah ada perjanjian itu, maka ada kerja sama jangka panjang antara MIND ID dengan PT Vale Indonesia.

Keberhasilan pemerintah mengakuisisi PT Vale Indonesia Tbk patut dipuji karena bisa memajukan industri pertambangan di Indonesia. Selain itu, harga nikel cukup stabil bahkan juga bernilai tinggi, sehingga bisa dijual dengan harga pantas dan menjadi sumber devisa negara. Penambahan devisa ini tentu akan menaikkan kondisi finansial Indonesia yang semapt terseok-seok akibat pandemi covid-19.

Akuisisi perusahaan tambang ini bukanlah untuk pertama kalinya. Akhir 2018 lalu, masyarakat bersorak ketika pemerintah Indonesia membeli saham perusahaan pertambangan Freeport, hingga kepemilikannya menjadi 51 persen. Hal ini merupakan sebuah keuntungan besar karena perusahaan ini menghasilkan tembaga dan emas berkualitas tinggi.

Pembelian saham dari 2 perusahaan tambang ini tentu patut diapresiasi karena BUMN Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND) jadi bisa bekerja sama baik dengan PT Vale maupun Freeport. Karena sudah jadi milik pemerintah Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini maka diharap Pertambangan Mining Industry Indonesia bisa makin maju dan menduplikasi kesuksesan dari 2 perusahaan tambang tersebut.

Akuisisi perusahaan tambang nikel ini tentu butuh dana yang sangat besar, yakni 371 juta dollar, namun ini bukanlah sebuah gaya-gayaan. Karena modal uang untuk mengambil alih saham PT Vale ini bisa berubah jadi keuntungan yang berlipat ganda. Harga nikel saat ini mencapai 30 US Dollar per 1 metrik ton. Sehingga kepemilikan PT Vale Indonesia Merdeka Tbk diharap bisa memberikan keuntungan besar bagi Indonesia.

Sedangkan harga emas lebih tinggi lagi, pernah mencapai hampir 900.000 rupiah per gramnya. Jadi kepemilikan Freeport oleh Indonesia bisa memberikan sumbangan pajak yang cukup tinggi dan sangat menguntungkan pemerintah. Freeport dan Vale bisa jadi 2 perusahaan kebanggaan Indonesia yang menambang hasil bumi dan memberikan benefit berupa keuntungan yang berlipat ganda.

Selain faktor keuntungan finansial, kepemilikan PT Vale oleh BUMN MIND ID (Mining Industrial Indonesia) juga memberi benefit lain, yakni transfer keilmuan. PT Vale adalah perusahaan dengan hilirisasi produk nikel terbaik. Jadi ketika sudah diakuisisi, akan ada pengetahuan tentang hilirisasi, dari tambang nikel sampai ke produk siap jual, yang bisa didapat oleh MIND ID. Transfer knowledge ini juga sangat berharga, karena bisa memajukan perusahaan BUMN

Akuisisi PT Vale Indonesia Tbk oleh MIND ID memang membutuhkan modal yang sangat besar. Namun semua pengorbanan ini tentu worth it dengan hasil keuntungannya dan juga ada transfer knowledge dari perusahaan ini ke MIND ID. Perusahaan BUMN MIND ID juga diharap jadi perusahaan BUMN yang sehat dan dipercaya ketika memegang amanah dalam mengatur PT Vale Indonesia Merdek Tbk.

)*Penulis aktif dalam Lingkar Pers dan Mahasiswa Cikini

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button