Warta Strategis

Menjaga Kedaulatan Pancasila Menjadi Tugas Bersama Seluruh Rakyat Indonesia

Oleh : Rengganis Putri )*

Pancasila merupakan dasar dari Negara Indonesia serta menjadi sumber inspirasi perjuangan bagi masyarakat sebagai warga Negara Indonesia. Kini Pancasila tak hanya menjadi legitimasi konstitutional yang merupakan syarat sah dari sebuah Negara. Lebih dari itu pancasila harus menjadi pandangan hidup untuk seluruh masyarakat Indonesia yang dapat merekatkan keragaman bangsa dari Sabang hingga Merauke. Apalagi akhir-akhir ini keutuhan dari bangsa Indonesia sedikit terancam akibat adanya oknum-oknum tertentu yang tidak menganggap Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia. Sehingga penting bagi seluruh masyarakat Indonesia memahami dan menjaga kedaulatan Pancasila.

Masyarakat harus memandang keseluruhan sila Pancasila tak hanya sebagai hafalan semata, namun menjadi upaya dalam memahami proses penggalian isi Pancasila. Pancasila bukan slogan, namun cita-cita serta petunjuk tentang bagaimana perjuangan yang seharusnya dilakuan masyarakat Indonesia. Dengan begitu, masyarakat dapat memaknai arti lebih dalam mengenai kesadaran dan kekuatan perjuangan yang dilakukan baik sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia.

Republik Indonesia sendiri lahir sebagai salah satu hasil perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah yang datang ke Indonesia. Dari hasil perjuangan tersebutlah terbentuk pemerintah Negara Indonesia yang berdaulat kepada rakyat dan berdasar pada Pancasila. Sehingga dapat dikatakan jika Pancasila menjadi hasil perjuangan serta inspirasi perjuangan bagi Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan dasar Negara, moral serta perjuangan dari bangsa Indonesia. Sebagai moral perjuangan, tentu saja peran Pancasila bukan hanya menjadi nilai ukur dari tujuan serta baik buruknya kebijakan, namun sekaligus menjadi nilai ukur dari proses dan cara ketika melaksanakannya. Pancasila sebagai moral perjuangan bangsa Indonesia untuk dapat mencapai perjuangan nasional tentunya perlu diresapi setiap masyarakat Indonesia agar dapat menjadi sumber inspirasi perjuangan, pendorong, penggerak, pengarah, sumber cita-cita, pembimbing moral, dan sumber ketahanan nasional.

Pancasila harus menjadi sebuah kewajiban yang benar-benar dilaksanakan sebagai ideologi perjuangan. Pancasila menjadikan pola pikir dan tindakan seseorang menjadi visioner sekaligus revolusioner. Pancasila merupakan ideologi revolusioner. Pancasila merupakan ideologi revolusioner, yaitu ideologi yang tidak menginginkan ada bentuk penindasan dan penjajahan di muka bumi, khususnya tanah air Indonesia. Sebuah ideologi yang berisikan tentang nilai-nilai ketuhanan, kemanusian, kebangsaan, kerakyatan, serta keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila juga menjadi ideologi bagi cita-cita masyarakat, menjadi visi yang harus dicapai. Pancasila menjadi tatanan bagi masyarakat Indonesia dan bentuk dari masyarakat Indonesia. Sehingga adanya pancasila bisa memperlihatkan dan menggambarkan tentang masyarakat yang diperjuangkan, masyarakat Pancasila.

Soekarno pun juga pernah berpesan jika Pancasila harus dan terus diperjuangkan pelaksanaannya. Tanpa adanya perjuangan, maka pancasila tidak pernah menjadi kenyataan. Tanpa adanya perjuangan, akan terus ada kaum yang menindas rakyat. Hal ini karena adanya pancasila menjadi sebuah halangan yang dapat merugikan mereka nantinya. Jika memang bangsa Indonesia ingin menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, maka jangan lupa untuk selalu memperjuangkan dan memperjuangkannya. Hal inilah yang ditegaskan oleh Bung Karno kepada para penerusnya.

Hanya dengan memberikan kesetiaan pada pada Pancasila, dengan begitulah Indonesia dapat mencapai cita-cita yang sebelumnya diamanatkan oleh para pejuang kemerdekaan. Setia kepada pancasila merupakan daya untuk mereka yang mencintai Indonesia dan masih memiliki harapan bagi kemerdekaaan rakyat Indonesia yang sesungguhnya. Setia kepada pancasila menjadi modal serta alat perjuangan, dengan adanya pancasila maka kita dapat bertarung dengan baik, bersemangat, berpikir, serta bertindak dalam melawan musuh-musuh dari Bangsa Indonesia.

Pancasila juga pernah berada dalam masa pasang dan surut, seperti mana yang diketahui tentang bagaimana pancasila dipertanyakan, ditentang hingga diselewengkan. Ada pula sebagian yang memaknai pancasila dengan berlebihan sehingga banyak menimbulkan mitos-mitos di dalamnya yang dikaitkan dengan pancasila. Sebagai warga Indonesia, kita memang tidak dapat menghindarkan dari kondisi tentang pertentangan dan dukungan. Selalu ada dua hal tersebut dalam perjalanan sejarah Pancasila.

Sebagai warga Indonesia dan seluruh elemen bangsa Indonesia harus menjadikan UUD’45 dan Pancasila sebagai sebuah pedoman di dalam kehidupan berbangsa serta bernegara. Demikian pula lah yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu. Beliau menjelaskan jika Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan serta pandangan hidup yang senantiasa harus dipedomani oleh seluruh bangsa. Pancasila diperlukan guna mempertahankan keutuhan dari bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Mempertahankan kedaulatan Pancasila tak hanya sekedar menjadi tugas untuk TNI saja. Mempertahankan dasar Negara Indonesia merupakan kewajiban bagi seluruh bangsa Indonesia. Pancasila dan UUD merupakan harga mati bangsa Indonesia yang tak bisa diganggu gugat. Selaku presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia, Joko Widodo pun juga berusaha untuk membangun komitmen dalam menjaga kedaulatan Negara yang mana menjadi harga mati tak hanya bagi TNI namun seluruh elemen bangsa. Presiden mengajak untuk seluruh masyarakat memahami dan menjaga kedaulatan dari Pancasila sebagai dasar Negara. Sosialisasi tersebutterus digalakan ke seluruh penjuru nusantara.

Partisipasi dari masyarakat dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan dari Bangsa Indonesia ini tentunya akan berperan besar. Bayangkan saja jika sampai Bangsa Indonesia menjadi terpecah belah, maka tidak akan ada lagi yang bisa dibanggakan. Hanya ada pertikaian bahkan bukan tidak mungkin jika akan terjadi perang atau konflik-konflik di dalam Indonesia sendiri.  Oleh sebab itu menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjaga keutuhan dari Negara Indonesia dengan menjaga kedaulatan pancasila sebagai dasar Negara.

Saat ini bentuk penjajahan memang berbeda dibandingkan sebelumnya, bahkan semakin sulit untuk dilihat dengan kasat mata. Mudahnya dalam mengakses informasi menjadikan kita tentu harus semakin waspada dan antisipasi agar jangan sampai kedaulatan bangsa tidak dijaga dengan baik. Musuh-musuh yang dihadapi Indonesia sendiri memang tidak terlihat seperti jaman penjajahan sebelumnya. Seperti PKI yang saat itu berani memberontak hingga membunuh masyarakat Indonesia dan bahkan juga ingin mengganti dasar Negara Indonesia. Saat ini yang dimaksud dengan musuh bersama bangsa Indonesia merupakan orang atau kelompok yang terus-menerus menyuarakan tentang komunisme hingga menuntut permasalahan hingga ke mahkamah internasional.

Jangan sampai cita-cita masyarakat untuk dapat adil dan makmur tidak bsia terwujudkan hanya karena kedaulatan bangsa tidak dapat ditegakkan. Untuk itu, sebagai warga Negara Indonesia pentingnya untuk tetap setia pada perjuangan serta kedaulatan bangsa dengan menjaga eksistensi pancasila bersama-sama sehingga paham benar arti dari sebuah ideologi pancasila.   Pancasila yang diimplementasikan di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara akan mencegah terpecah belahnya bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia harus memahami Pancasila secara mendalam sehingga tidak mudah untuk diadu domba. Ideologi pancasila menjadi ideologi yang dijadikan sebagai wadah kebhinekaan Indonesia. Sehingga siapa saja yang ingin mengganti dan berusaha menghilangkan nya sebagai dasar Negara akan berhadapan langsung dngan seluruh rakyat Indonesia. Dengan begitu bangsa Indonesia tidak akan pernah goyah dan terpecah belah meskipun beragam masalah berusaha untuk memecah belah.

 

)* Penulis adalah mahasiswi UNY

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close