Warta Strategis

OK OC Mart Lemes dan Mati di DKI, Sandi Tak Akan Kampanyekan di Pilpres!

Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno akhirnya dengan jujur mengakui ada beberapa gerai Ok Oce Mart di Jakarta yang akan tutup dalam beberapa hari ke depan. Sebelumnya, OK OCE Mart pertama juga gerainya sudah beberapa bulan lalu tutup. Terbaru, OK OCE di Kalibata tutup hari ini!

Saat kampanye di Pilkada, konsep gerai OK OCE getol diusung oleh Sandiaga Uno saat mengkampanyekan diri sebagai wakil gubernur Jakarta bersama Anies Baswedan. Saat dirinya menjabat, beberapa gerai dibukalah untuk merealisasikan ocehan Sandiaga sebagai orang nomor dua di ibukota.

api apa daya belum setahun kepemimpinan Sandi di DKI, OK OCE Mart duluan gulung tikar alias bangkrut alias gagal total. Beginilah jadinya kalau sekedar cuap-cuap tanpa konsep atau gagasan yang matang, meminjam retorikanya Anies plus tanpa kajian yang dalam, lagi-lagi meminjam mulut besarnya Wan Abud.

Sandi yang sudah semangat memngusung program OK OCE harus menelan ludah karena sejatinya program andalannya K OCE Mart yang katanya bisa menyerap tenaga kerja malah tenggelam, dihajar oleh sadisnya persaingan atau kompetisi minimarket dan supermarket Jakarta.

Jangankan satu kecamatan satu OK OCE Mart, baru beberapa biji sudah keok dan mampus dihajar oleh para kompetitornya yang sudah eksis duluan. Sandiaga hanya bisa planga plongo melihat programnya dilindas oleh Indomaret da Alfamaret beserta konco-konconya yang sudah duluan menggurita di Jakarta.

OK OCE Mart yang baru mau menggeliat langsung dipencet dan digilas sampai tak bisa lagi nongol, sodara-sodara. Fenomena ini menunjukkan bahwa kendati Sandi seornag pengusaha tapi tak berdaya ketika OK OCE Mart tergilas secara tragis tanpa ampun.

Saat ditanya mengenai fenomena matinya OK OCE Mart itu, Sandiaga dengan terbuka mengatakan belum mau membawa konsep OK OCE Mart ke level nasional saat masa kampanye Pilpres 2019 berlangsung.

“Kalau di Jakarta sudah kokoh baru akan kita bawa ke level nasional, kami coba dulu satu dua pilot project, jangan sampai tim sudah berpikir ke nasional, sementara di Jakarta belum ajeg,” ucapnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (31/8/2018).

Sandiaga membantah bahwa tutupnya beberapa gerai Ok Oce Mart terjadi karena dirinya mundur sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Bukan karena itu, Pak Anies sudah komitmen dengan Ok Oce Mart, tim Ok Oce juga komitmen,” imbuhnya.

Sandiaga berdalih dalam kondisi ekonomi Indonesia sekarang ini wajar bila ada beberapa gerai yang tutup. “Dengan kondisi ekonomi sekarang pengelolaan manajemen dan pengelolaan peluang usaha menjadi kunci keberhasilan, tergantung lokasi juga serta kinerja sumber daya manusianya,” kata Sandiaga.

Tapi ada penjelasan yang lebih obyektif mengenai tutupnya gerai OK OCE Mart itu. “Di sini penjualannya masih baik meski memang harus bersaing dengan gerai seperti Indomaret dan Alfamart,” ucap Koordinator Pengelola OKE OCE Warung Modern Mampang, Akil.

Akil mengungkapkan salah satu penyebab OK OCE Mart Kalibata harus tutup lantaran memasok harga barang dari supplier terlampau tinggi. Sehingga keuntungan yang didapat kurang serta lokasi yang kurang mumpuni.

“Di sana (OK OCE Mart Kalibata) penjualannya kurang maju, waktu beli barangnya agak mahal dari suppliernya,” beber dia. Nah, persaingan yang ketat sementara manajemen atau pengelolaannya kurang canggih, kayaknya ilmu atau pelatihan OK OCE malah nggak mempan ya. Jadi otomatis program OK OCE juga gagal total dong.

Harusnya para manajer atau pengelola yang sudah mendapatkan training OK OCE punya skill untuk bisa minimal mempertahankan daya saing OK OCE Mart yang dikelolanya. Apa daya ternyata para pengelola juga nggak punya skill yang berarti. Kolaps dah!

Hiks, sementara OK OCE Warung Modern Mampang Prapatan yang terletak di Jalan Bangka XI, Jakarta Selatan nampak prima. Meski, masih terlihat sepi. Nah, alamat bakal tumbang juga OK OC Mart yang satu ini.

Sandi sendiri tak bisa berbuat banyak untuk mmepertahankan OK OCE mart yang sudah kayak zombie itu, hidup enggan dan mati tak mau. Lama-lama OK OCE Warung Modern Mampang Prapatan akan almarhum menyusul rekan-rekannya yang sudah ke alam baka.

 

sumber : seword

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close