Polemik Politik

Percepat Capai Target Vaksinasi, BINDA Kalteng Door to Door di Empat Daerah

Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah untuk menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) kepada masyarakat.

Kegiatan vaksinasi massal tersebut dilakukan di setiap rumah masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya yang dimulai dari Kelurahan Pahandut Sebrang, Kecamatan Pahandut, RT 03 RW. 02 dan dilanjutkan di SMPN 6 Palangka Raya, Jalan Letkol Set Adji dan juga di beberapa daerah lainnya,

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Kalteng, Brigjen TNI Sinyo, S.I.P., M.M mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi dari rumah ke rumah tersebut dilaksanakan di empat kabupaten/kota di Kalteng, diantaranya Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kapuas.

“Kami melakukan vaksinasi door to door ataupun dari rumah ke rumah ini dengan tujuan mendukung percepatan capaian target vaksin nasional 70 persen. Khusus di wilayah Kalteng ditarget tercapai pada akhir Oktober 2021,” kata Brigjen TNI Sinyo, Kamis 14 Oktober 2021.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sasaran vaksin door to door yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya tersebut disupport oleh Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melalui Puskesmas yang berada di kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut untuk membantu warga yang selama ini sulit mendatangi lokasi vaksin, kini dilakukan jemput bola sehingga warga tersebut dapat divaksin.

“Semoga dengan kegiatan vaksinasi massal ini kekebalan komunal di Palangka Raya terkhusus di Kalteng sudah sesuai dengan harapan. Vaksinasi massal seperti ini juga dilaksanakan di SMPN 6 Palangka Raya,” tutur Sinyo.

Dari empat daerah yang melaksanakan kegiatan serupa dan serentak ini menargetkan sebanyak 5.500 dosis. Sehingga untuk Kota Palangka Raya sebanyak 1.500 dosis, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur sebanyak 1.000 dosis, dan di Kabupaten Kapuas sebanyak 500 dosis.

“Dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat membentuk Herd Immunity di Kalteng, secara khusus agar pelajar dan remaja dapat lebih siap dalam menghadapi kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kedepannya,” ujar Brigjen TNI Sinyo.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Camat Pahandut, Berlianto mengungkapkan bahwa, dengan adanya vaksinasi door to door tersebut sangat membantu masyarakat yang tidak mampu, terkhusus para lansia yang belum di vaksinasi.

“Dengan adanya vaksin door to door, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang tidak tervaksin di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat. Kami berharap bila memungkinkan, vaksinasi massal door to door juga akan dilaksanakan seperti ini, sehingga mempermudahkan pada vaksin keduanya,” pungkas Berlianto.

Berdasarkan pantauan awak media siber di lapangan, tim yang tergabung dalam kegiatan vaksin door to door di Kelurahan Pahandut Seberang tersebut melakukan pembagian paket sembako kepada mereka yang disuntik terutama kepada para lansia.

“Saya sangat bersyukur adanya vaksin ini, semoga penyakit ini bisa hilang semoga dengan dilakukan vaksin saya bisa sehat selalu dan tidak terkena Covid-19,” ujar Ruslina (73 tahun) salah satu lansia yang disuntik vaksin Covid-19.

Show More

Related Articles

Back to top button