Warta Strategis

Persiapan Mudik Tahun Ini Dinilai Lebih Baik

Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Salim Fakhry menilai, persiapan mudik lebaran pada 2017 jauh lebih baik dibanding 2016. Namun, ia tetap berharap para petugas dapat terus meningkatkan kinerja.

“Kita berharap kepada seluruh petugas untuk meningkatkan kinerja agar pelayanan pada masyarakat benar-benar ada perubahan dari tahun ke tahun,” ujar politisi Fraksi Partai Golkar itu, usai peninjauan Bandara Soekarno Hatta, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6).

Fakhry berharap, titik kepadatan arus mudik seperti bandara, pelabuhan, mendapat perhatian dari pemerintah dan berbagai otoritas terkait.

“Angkutan laut disarankan di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak agar tertib, jangan seperti tahun-tahun lalu. Penggunan tiket online pun harus dipastikan dapat mengurangi kepadatan pemudik. Pemisahan untuk pemudik sepeda motor dan kendaraan lainnya juga menjadi terobosan,” jelas Fakhry.

Politisi asal dapil Aceh itu pun meminta agar daftar penumpang kapal mendapat perhatian. Sehingga nantinya tak ada perbedaan jumlah penumpang yang masuk ke kapal, dengan data manifes yang dimiliki petugas.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR Rita Zahara mengingatkan kepada ASDP untuk memastikan kapal-kapal yang digunakan dalam mudik kali ini adalah kapal yang laik jalan. Selain itu, kompetensi petugas pun harus diperhatikan.

“Saya mengharapkan tenaga SDM yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan penumpang, agar skillnya dapat diperhatikan. Tanggap dalam memberikan pelayanan kepada penumpang,” pesan politisi F-Gerindra itu.

Selain itu, politisi asal dapil Riau itu pun mengingatkan agar keamanan dan kenyaman pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

 

Sumber : Republika.co.id

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close