Cuitan Media Sosial

Pidato Jokowi yang Unik dan Pukau Dunia, Termasuk Singgung Avengers & Game of Thrones

Jakarta, LSISI.ID – Presiden Joko Widodo kembali menjadi perhatian dunia lewat pidatonya. Kali ini, Presiden Jokowi menyinggung serial televisi Game of Thrones.

Jokowi menyampaikan pidato tersebut dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali, Jumat pagi. Sontak, para hadirin menjadi terkesima, termasuk Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

“Saya ingin berterima kasih pada Jokowi karena menaikkan standar dalam memberi pidato yang hebat dan meyakinkan. Wow,” ucap Lagarde.

Pidato Presiden Joko Widodo yang menyebut-nyebut ‘Game of Thrones’ di pertemuan IMF-Bank Dunia juga membuat lini masa Twitter meledak. Topik Game of Thrones pun memuncaki trending topic di lini masa Twitter Indonesia.

Apresiasi dan pujian pun dialamatkan kepada Presiden Jokowi yang membawa analogi Game of Thrones untuk membandingkan kondisi ekonomi dunia saat ini.

“Namun akhir-akhir ini, hubungan antar negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti Game of ThronesBalance of powerdan aliansi antar negara-negara ekonomi maju sepertinya tengah mengalami keretakan,” begitu penggalan pidato Presiden Jokowi di depan forum.

Presiden Joko Widodo mempunyai cara unik tersendiri untuk menggambar situasi global. Mantan walikota Solo ini menggambarkan situasi perekonomian global dengan seri televisi drama ‘Game of Thrones’.

“Hubungan negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti game of thrones, balance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi, terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang,” kata dia, dalam ‘Plenary session AM IMF-WBG 2018’, Bali.

Dia mengatakan dalam serial ‘Game of Thrones’ terjadi pertarungan dan perebutan kekuasaan antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Pertarungan itu membuat mereka lupa ada ancaman serius lain yang sedang membayang.

“Setelahnya keluarga yang satu menjatuhkan yang lainnya. Namun yang mereka lupa, mereka tidak tahu ancaman besar dari utara,” kata dia.

Oleh karena itu, dia mengajak para pemangku kebijakan di seluruh dunia untuk bekerja sama guna memperbaiki situasi global yang tengah dilanda ketidakpastian. “Saat ini kita sedang hadapi ancaman global dengan perubahan iklim, sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global besar yang hanya bisa kita tanggulangi hanya kita bisa kerja sama,” imbuhnya.

Sumber: merdeka.com

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close