Warta Strategis

Relawan Samawi Sukabumi dan Ulama Se-Kabupaten Bandung Barat Dukung Jokowi-Ma’ruf

Oleh : Gani Permata )*

Arus dukungan bagi Jokowi-Ma’ruf semakin deras mengalir. Sokongan datang dari berbagai kalangan mulai masyarakat bawah sampai kaum terdidik, kelas menengah sampai kelas atas. Kali ini dukungan datang dari ratusan ulama muda yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Bandung Raya. Mereka mendeklarasikan dukungan untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf dinilai sebagai sosok yang tepat untuk terus dapat membangun Indonesia, dengan mempertahankan nilai-nilai nasionalis dan agamis. Hal tersebut juga yang menjadi alasan keyakinan Samawi untuk memberikan dukungan penuh melanjutkan cita-cita bangsa.

Dalam berbangsa dan bernegara, masyarakat Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu mengatur kehidupan antara kepentingan duniawi menuju maslahat dan kebaikan.

“Agama memerintahkan kepada kita agar dapat mengangkat seorang pemimpin, untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Koordinator Samawi Bandung Raya, KH Ali Husein.

Dukungan Samawi kepada Jokowi-Ma’ruf tersebut ditunjukkan dengan pernyataan bahwa telah direkrut sekitar 400 koordinator di wilayah Sukabumi, baik kota maupun kabupaten. Samawi Sukabumi ini akan menyusuri ratusan rumah warga secara door to door. Sehingga bisa meraih simpati warga Sukabumi sebanyak 800 ribu target suara.

“Jadi satu koordinator, kita targetkan 500 rumah. Setiap rumah itu ada 3-4 suara. Sehingga, target di Sukabumi 800 ribu suara oleh Samawi,” ucap Jubir Samawi Nasional, Nizar Ahmad Saputra.

Selain dukungan Samawi, Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menerima perwakilan kyai dan ulama dari Pasundan, Bandung, Jawa Barat untuk memberikan dukungan kepada Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf.

Salah satu perwakilan, Maulana ZA mengatakan infrastruktur yang dibangun oleh Jokowi sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang datang kepada para kyai untuk meminta mereka mendukung Paslon 01. Masalah yang ada di masyarakat juga dianggapnya dapat diatasi oleh Jokowi. Manfaat pun sangat bisa dirasakan, baik untuk masyarakat di lingkungan pesantren maupun lainnya.

“Makanya untuk sekarang di daerah kami masyarakat sendiri yang datang kepada kyai untuk meminta mendukung Jokowi-Ma’ruf. Untuk mereka yang bersebrangan dengan kami, akan terus diberi pengertian, diberi pengarahan, dengan hikmah, tidak dengan hal-hal jelek,” ujar Maulana.

Saat ini masyarakat Jawa Barat sudah merasakan dampak positif di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Meskipun pada tahun 2014 kalah di Jawa Barat, Jokowi tetap memperhatikan pembangunan dan pengembangan masyarakat Jawa Barat melalui program pemerintah. Di antaranya pembangunan wisata hingga bantuan ke pesantren.

Dengan instrumen dan dukungan yang dimiliki saat ini, kubu Jokowi-Ma’ruf diyakini mampu mengalahkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang menang di Jawa Barat pada Pilpres 2014. Menurut survei internal PDIP, saat ini elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat mencapai 52,4 persen. Oleh sebab itu, pengerahan santri dan tokoh masyarakat akan terus dilakukan untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Selain meningkatkan elektabilitas, dukungan relawan Samawi dan Ulama se-Kabupaten Bandung tentu membuktikan bahwa Jokowi adalah orang baik. Dukungan itu sekaligus meluruskan informasi hoax yang mengatakan Jokowi anti ulama dengan tujuan meresahkan masyarakat dan menjatuhkan Jokowi. Sehingga masyarakat diharapkan tidak langsung percaya dengan berbagai informasi bohong yang banyak tersebar di media sosial saat ini.  Sebab informasi-informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan karena tak jarang tanpa disertai data dan sumber yang valid.

)* Mahasiswa Universitas Persada Indonesia

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Kami juga tidak suka iklan, kami hanya menampilkan iklan yang tidak menggangu. Terimakasih