Sendi BangsaSosial Budaya

Sekjen PWRI: Sampaikan Pesan Pembangunan di Papua Dibutuhkan Sinergitas

Lsisi.id, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWRI, Supriyanto Jagad menyatakan
untuk menyampaikan pesan pesan pembangunan di Papua perlu diperkuat secara bersama – sama baik pihak antar organ media seperti PWRI, PWI, AJI kemudian tokoh pemuda dan masyarakat dengan mengedukasi masyarakat secara baik dan terukur.

Media kata Supriyanto, memiliki peran penting dalam pembangunan baik di Papua maupun luar Papua. Hal ini sebagai bagian dari edukasi dan literasi yang harus dilakukan diera digital.

Dikatakannya selain literasi dan edukasi, peran aktif media juga sangat penting dalam melakukan kontrol terhadap pemerintah. Kontrol yang dimaksudkan adalah cek and balance.

“Setiap persoalan yang menyangkut soal Papua harus di lakukan secara bersama – sama baik TNI/Polri, media, tokoh masyarakat, tokoh adat,” ujar Supriyanto.

Lanjutnya mengawasi keuangan itu bukan ranahnya media, tetapi bagaimana menjadi kontrol terhadap penggunaannya sebagai
tanggung jawab mengawal implementasi dari dana atau anggaran terhadap Otsus Papua maupun lainnya.

“PWRI sudah mengawali dengan memberikan edukasi – edukasi melalui perwakilan – perwakilan kami baik Orang Asli Papua (OAP) maupun diluar Papua,,” ucapnya.

Sementara itu Saiful alias Bedjo, tokoh masyarakat yang juga pegiat ekonomi dan bisnis menyatakan bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan pembangunan peningkatan kwalitas manusia dan kebutuhan nya secara bertahap.
Di dalam prosesnya pembangunan berkelanjutan mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia Iptek.

Setidaknya kata Saiful ada dua peran penting dalam mendukung keberlanjutan pembangunan di Papua, pertama media, masyarakat harus menjadi garda depan dalam orong memberikan informasi yentang Otsus dan program pembangunan di Papua kepada publik.

“Seluruh pihak baik media, tokoh masyarakat, tokoh pemuda memiliki peran penting dalam hal keberlanjutan pembangunan di Papua, diantaranya dengan tidak memberitakan yang tidak sesuai fakta, kemudan tidak menyebarkan hoaks bagi masyarakat,” ucapnya.

Senada Inggar Saputra, tokoh pemuda Jakarta mengapresiasi pembangunan yang digagas Pemerintah di Papua. Oleh sebab itu perlu dukungan semua pihak agar tetep berlanjut dengan mengedepankan nilai-nilai kedaulatan NKRI.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button