Warta Strategis

Sosok Letkol Athenius Murib, Putra Papua Pertama yang Jabat Dandim Jayawijaya

Sosok Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murib tengah menjadi sorotan. Hal ini usai berembus kabar dia diduga terlibat kaburnya Bupati Mambermo Tengah Ricky Ham Pagawak yang menjadi tersangka KPK atas kasus suap dan gratifikasi ke Papua Nugini.

Letkol CPN Athenius Murip seorang perwira TNI yang berasal dari kecabangan Korps Penerbang. Dia merupakan putra asli Papua pertama yang menjabat Dandim Jayawijaya. Hal ini menjadi lebih spesial karena dia kelahiran Kampung Megapura, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Komando kewilayahannya menaungi empat kabupaten di Papua, yakni Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Tolikara dan Yalimo.

Masa jabatannya sebagai Dandim di kampung halaman pun belum lama, lebih kurang dua bulan. Dia ketika itu menggantikan pejabat lama Letkol Inf Arif Budi Situmeang yang kini menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam XVII Cenderawasih pada awal Juli lalu. Selama bertugas di militer, Letkol CPN Athenius Murib pernah ditugaskan dalam Operasi Rahan Aceh (2005), Rahan Papua (2008), Pamtas Kaltim (2013) dan Operasi Poso (2017).

Dia pun meraih beberapa tanda kehormatan negara di antaranya Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana GOM IX /Raksaka Dharma, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun.

Riwayat Jabatan:

Komandan Flite C Skadron 11/Serbu Puspenerbad (2017)
Kabaglanud Sdirbinopslat Puspenerbad (2022)
Komandan Kodim 1702/Jayawijaya (2022-Sekarang)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button

Adblock Detected

Kami juga tidak suka iklan, kami hanya menampilkan iklan yang tidak menggangu. Terimakasih