Polemik Politik

UU Cipta Kerja Memulihkan Ekonomi Nasional

Oleh: Ibrahim Al Hayyi (Ketua Gerakan Literasi Terbit Regional Kota Bandung)

Upaya penyempurnaan Omnibus Law UU Cipta Kerja dengan didukung 44 Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai aturan turunannya, diharapkan cepat disahkan pada Februari ini. Turunan UU Cipta Kerja harus segera dirampungkan karena urgen untuk diterapkan, terlebih saat situasi pandemi ini.

Pengesahan dan penerapan 44 aturan turunan UU Cipta Kerja nantinya dapat membuat kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik, apalagi saat ini masih berada di tengah kondisi pandemi Covid-19. Ketika kebijakan vaksinasi nasional dan UU Cipta Kerja beserta aturan turunannya diterapkan, maka kondisi finansial masyarakat diyakini dapat pulih kembali dan meningkat secara perlahan. Terlebih lagi didorong dengan adanya kepercayaan dan keyakinan investor serta didukung iklim usaha yang kondusif di dalam negeri.

Para investor akan banyak menanam modal serta membangun pabrik padat karya di Indonesia sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang secara otomatis akan menekan pengangguran dan kemiskinan di dalam negeri. Masyarakat juga dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus bergantung pada penyaluran bantuan tunai dari pemerintah. Daya beli masyarakat juga akan memingkat dan menguat, sehingga produk para pebisnis lokal khususnya skala mikro dan kecil dapat terjual kembali, yang pada akhirnya mampu menggerakkan kembali roda perekonomian dan menyelamatkan Indonesia dari ancaman krisis ekonomi tahap dua.

Efek dan implikasi yang begitu besar dari keberadaan UU Cipta Kerja beserta aturan turunannya juga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, sehingga sebagai warga negara yang baik maka diwajibkan untuk terus mendukung proses penyusunan, pengesahan, hingga penerapan UU Cipta Kerja beserta aturan turunannya. Apalagi UU tersebut bukan sekedar aturan di atas kertas, melainkan benar-benar efektif diterapkan di lapangan melalui aturan turunannya.

Tahun 2021 merupakan kesempatan Indonesia untuk melakukan perbaikan ekonomi. Oleh sebab itu, upaya pemerintah memperbaiki kondisi ekonomi melalui implementasi UU Cipta Kerja harus didukung bersama. Perlu diingat bahawa UU Cipta Kerja merupakan salah satu solusi selamatkan perekonomian saat pandemi dan jangan lupa untuk menghindari hoaks dan konten provokatif seputar UU Cipta Kerja demi pemulihan ekonomi nasional.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button