Sendi BangsaSosial Budaya

Vaksinasi Door to Door BIN Diapresiasi, Pengamat Minta Spektrum Cakupan Diperluas

JAKARTA, LSISI.ID – Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengapresiasi langkah lembaga telik sandi (Badan Intelijen Negara) yang ikut serta menjadi pelopor melakukan terobosan vaksinasi jemput bola atau door to door. Upaya ini merupakan langkah yang tepat dalam membentuk herd immunity.

“Vaksin door to door BIN yang kemudian disusul TNI/ Polri beserta segenap lapisan masyarakat atas instruksi langsung Presiden Jokowi merupakan langkah tepat. Ditengah kondisi seperti saat sangat diperlukan langkah progresif dan tepat,” kata Karyono dalam live talkshow di Radio Muara Jakarta, Jum’at (17/9/2021).

Oleh karenanya tambah Karyono, spektrum targetnya harus diperluas tidak hanya di 14 Provinsi, karena dampak vaksinasi ini secara signifikan.

“Program yang bagus ini harus ditingkatkan, BIN juga harus mendorong bersama instansi lainnya mewaspadai varian-varian baru,” ucapnya.

Karyono juga memberikan saran kepada lembaga yang digawangi Jenderal (Pol) Budi Gunawan ini agar lebih mengantisipasi masuknya varian baru sehingga vaksin yang sudah diberikan tidak mubazir.

Kemudian, yang kedua adalah menyelesaikan persoalan kabar bohong atau hoaks di masyarakat.

“Tidak hanya BIN, seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bahu-membahu mengatasi pandemi sesuai dengan kapasitasnya,” terangnya.

Sementara itu Pengamat Kebijakan Publik, Saeful menambahkan segala upaya demi memutus rantai penularan covid-19 telah di lakukan oleh Pemerintah, diantaranya program vaksinasi covid-19.

Mengingat kebutuhan di lapangan untuk mempercepat herd immunity.secara menyeluruh di indonesia.

Maka Program Vaksinasi door to door yg di awali dan di mulai oleh BIN merupakan langkah yg tepat dan merupakan Kebijakan yang merakyat.

“Karna Pandemi covid-19 itu bisa juga di artikan sebagai ancaman terhadap keamanan Manusia. Ancaman pandemi ini apabila terus menerus mengalami kenaikan .maka sewaktu waktu akan mengancam stabilitas ekonomi dan stabilitas kesehatan dan berujung kepada stabilitas nasional,” kata Saiful.

Saiful menyampaikan alasan vaksinasi door to door merupakan langkah strategis karena untuk memutus rantai penularan pandemicovid-19. Dan merupakan ancaman keamanan manusia baik dari segi kesehatan ekonomi dan stabilitas nasional dan sesuai dengan UU intelijen Negara No. 17 tahun 2011 Tentang pencegahan penangkalan dan penanggulangan.

“Sehingga program vaksin door to door menjadi sangat penting .Mengingat potensi ancaman saat ini bukan dlm bentuk sparatisme dan radikalisme dan lain lain,” ucapnya.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button