Kabar Ringan

Antusiasme Warga Berfoto Bersama Kendaraan Tempur

Warga Antusias dalam HUT TNI ke-72

Warga yang memadati area perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia ( TNI) di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017) tampak antusias menyaksikan kendaraan tempur yang akan dipamerkan dalam parade pasukan dan alutsista.

pada pukul 06.00 WIB, area parkir di luar tempat upacara HUT TNI sudah dipadati oleh warga yang sedang melihat-lihat beberapa tank dan panser.

Mereka juga menyempatkan berfoto dengan bersama keluarga dengan latar kendaraan militer tersebut.

Salah seorang warga asal Cilegon bersama beberapa anggota keluarganya mengaku tiba di dermaga PT Indah Kiat sejak pukul 03.00 WIB agar sempat melihat alutsista TNI secara dekat dan mendapat tempat di area upacara.

Antusiasme warga yang memadati lokasi peringatan HUT TNI ini juga menyebabkan kemacetan di jalan menuju dermaga. Iring-iringan Presiden Joko Widodo bahkan ikut terjebak kemacetan.

Dalam upacara nanti, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara dan Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi bertindak selaku komandan upacara.

Upacara diawali dengan parade pasukan dan defile berjumlah 5.932 orang yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara TNI AD, Brigade Upacara TNI AL, Brigade Upacara TNI AU, Batalyon Upacara PNS, Batalyon Komponen Cadangan dan Batalyon Pasukan Lintas Sejarah TNT.

Tidak hanya parade, TNI juga menampilkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI.

Sebanyak 5.933 orang akan mengikuti parade pasukan dan defile. Kemudian disusul dengan demo latihan gabungan.

TNI Angkatan Darat mengerahkan 3 unit Bush Master Kopassus, 6 unit P6

Selain itu ada pula 9 unit tank M113 A1, 10 unit tank Marder 2A1, dua unit INF Pandur H 8X8, tiga unit tank Arisgator, 9 unit Leopard 2R1, 9 unit tank Tarantula, Unit Panser Pandur 105 MM, satu unit Tank Kaplan dan satu unit Panser Badak.

Tidak ketinggalan juga 9 unit MRLS Astros II MK 6 dan sejumlah unit meriam lainnya.

Sementara itu TNI Angkatan Laut menampilkan satu unit tank Recovery BMP~3F, enam unit Truk, lima unit kendaraan kecil, 48 KRI berbagai kelas dan 17 Unit Pesud FIX Wing.

Untuk demo di udara, TNI Angkatan Udara menampilkan 2 unit pesawat Cesna-172, dua unit helikopter SAR dan Medavac, dua unit helikopter Nets-332 VVIP, enam Unit Pesawat KT-TB, satu unit drone, dua unit Pesawat CN-295 dan satu unit cadangan untuk terjun bebas.

Selain itu TNI AU juga mengerahkan dua unit pesawat CN295, lima unit EMB-314 Super Tukano, 8 Unit SU-27/30, 8 unit pesawat F-16 dan lima unit EC-120 Colibri.

Setelah demo latihan gabungan, Jupiter Aerobatic Team akan menunjukkan kebolehannya. Sebanyak enam pesawat KT 1 B dan satu helikopter SAR Super Puma bermanuver akrobatik udara.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, perayaan HUT ke-72 TNI Tahun 2017 mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Makna yang terkandung adalah kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertindak bersama rakyat.

Hal itu, kata Gatot, menjadi modal utama TNI dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

“TNI tidak pernah berjuang sendiri, selalu bersama dengan rakyat. Maka sentral kekuatan TNI adalah bersama rakyat. Tanpa rakyat, TNI tidak ada apa-apanya,” kata dia. (sumber : kompas.com)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close