Sendi Bangsa

Di Minahasa, Pemuda Katolik Bantu Jaga Keamanan Lebaran

LSISI.ORG – Pemuda Katolik dan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) membantu menjaga keamanan selama perayaan Lebaran 2017 di sejumlah tempat di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara.

“Kelompok masyarakat yang tergabung dalam organisasi Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng bersama pemuda dan remaja GMIM Kalvari Pineleng membantu penjagaan masjid dalam memperlancar pelaksanaan sejak shalat Id dan Lebaran,” kata Ketua OMK Pineleng Raymond Dien di Tondano, Senin.

Dia mengatakan sejumlah anggota OMK beserta pemuda dan remaja turut ambil bagian dalam mengatur lalu lintas serta menjaga keamanan dan ketentraman umat Muslim dalam melaksanakan ibadah.

Disampaikan bahwa hal ini sebagai bentuk toleransi antarumat beragama, dimana baik pemuda Kristen maupun Muslim selalu bergantian melakukan penjagaan di rumah ibadah saat perayaan hari raya keagamaan.

“Suasana ini memang selalu tercipta di Desa Pineleng Raya, baik saat hari raya umat Kristen maupun Muslim. Hal-hal seperti ini akan terus dijaga sebagai tanda kerukunan antar umat beragama di desa ini,” ujarnya yang turut didampingi Ketua Komisi Kepemudaan Paroki Pineleng Jimry Lagimbana.

Ketua Pemuda Ryo Karamoy bersama Ketua Remaja GMIM Kalvari Pineleng Rinaldo Memah mengatakan sebagai sesama umat beragama harus saling menghargai, hal itu disampaikan lewat pemberian diri dalam memperlancar kelangsungan ibadah umat Muslim di hari raya Idul Fitri.

“Indahnya persaudaraan akan sangat terasa jika kita semua hidup rukun dan damai. Ini semua juga dilakukan dengan penuh kerelaan demi terciptanya suasana aman dan nyaman serta penuh keharmonisan,” ungkap keduanya.

Sementara itu, Ketua Remaja Masjid Imam Bonjol Ardiansyah Mustafa mengucapkan, terima kasih kepada OMK Santo Fransiskus Xaverius dan pemuda dan remaja GMIM Kalvari Pineleng yang telah ambil bagian dalam memperlancar pelaksanaan Shalat Id.

“Kami sangat mengapresiasi pemberian diri dari umat Katolik dan GMIM ini. Semoga suasana ini bisa terus terjaga di Desa Pineleng Raya ini,” tandasnya.

 

Sumber : AntaraNews.com

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close