Sendi BangsaSosial BudayaWarta Strategis

Dukungan Terus Mengalir Kepada Jokowi-Ma’ruf

Oleh : Ahmad Zarkasih )*

Pelantikan telah dilaksanakan, pemimpin negara telah diresmikan sehingga legalitas pemerintahan tak dapat diragukan. Dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf juga terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat, sebagai wujud nyata kepercayaan publik kepada Pemerintahan yang sah.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentunya peranan seluruh elemen masyarakat ini sangat dibutuhkan. Bukan hanya dari pihak pemerintahan saja, namun juga dari kalangan masyarakat sebagai pemilik kekuasaan. Pun dengan dukungan akan sistem yang berlaku dan sah. Meski tak dipungkiri akan banyak halangan dan rintangan yang siap menghadang dalam rangka mewujudkan Indonesia lebih maju lagi.

Imbauan untuk mendukung sistem pemerintahan yang sah ini juga datang dari, AM Hendropriyono, selaku Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) beberapa waktu lalu. Pihaknya meyakini bahwa prajurit TNI saat ini kuat dan solid untuk mendukung pemerintahan sah Jokowi-Ma’ruf Amin 5 tahun mendatang. Dirinya menilai jika tak akan ada yang bisa melakukan upaya penggulingan pemerintahan yang sah selama TNI mendukung penuh. Hendropriyono-pun memastikan bahwa TNI AD, TNI AU, beserta TNI AL secara solid mendukung penuh atas pemerintahan Presiden Jokowi dalam lima tahun kedepan. Jikalau ada unjuk rasa menurutnya tak perlu dikhawatirkan.

Dukungan lain datang dari Konsolidasi Relawan Jokowi yang menyatakan siap Mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dari segala bentuk rongrongan maupun ancaman dari oknum-oknum tertentu. Yang mana ingin mendeligitimasi Pemerintahan yang telah terpilih secara demokratis. Hal ini turut ditegaskan oleh H. Haidar Alwi, selaku Pembina Konsolidasi Relawan Jokowi. Pihaknya tak menampik jika kondisi sekarang ini dinilai sensitif. Sehingga pihaknya mengajak seluruh relawan untuk bergabung membantu Jokowi, terkait pemerintahannya yang sah.

Sementara itu, ribuan mahasiswa Se-Kota Kupang menggelar rapat akbar mendukung kesatuan NKRI dibawah kepemerintahan yang sah oleh Jokowi-Ma’ruf, selama lima tahun kedepan. Massa yang tergabung ke dalam Forum Masyarakat NTT Penjaga NKRI ini telah memadati Taman Nostalgia sejak pukul 8 pagi (WITA). Seperti dilaporkan, ribuan mahasiswa ini datang dari berbagai perguruan tinggi di kota tersebut. Disana juga hadir sejumlah tokoh masyarakat dan rektor dari masing-masing perguruan tinggi. Diantaranya ialah, Ayub Meko (Unkris), Fred Benu (Rektor Undana), Muhamadyah Zainur Wula beserta Rektor Unwira, Philipus Tule.

Dalam acara rapat akbar tersebut, ribuan mahasiswa turut membubuhkan tanda tangan pada sebuah spanduk sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dan juga NKRI berdasar atas ideologi Pancasila. Tak lupa dalam agenda itu disepakati pernyataan sikap untuk bersama-sama dengan pemerintah yang sah dan berkomitmen menjaga keutuhan NKRI. Selain itu, mereka juga menolak kehadiran aliansi maupun oknum-oknum yang berupaya merusak Bumi Pertiwi ataupun menggantikan ideologi Pancasila.

Rektor Undana, yaitu Fred Benu, dalam orasinya menyatakan bahwa rapat akbar yang digelar ini merupakan tapak untuk menuntun mahasiswa agar berada pada jalan yang tepat, terkait kesatuan dan persatuan NKRI serta Ideologinya Pancasila. Dirinya juga menyatakan siap pasang badan bagi siapapun yang tidak mendukung pemerintahan Jokowi yang telah sah. Maka dari itu, masyarakat NTT tak akan tinggal diam. Sebagai pendukung Jokowi beserta masyarakat yang mendukung tegaknya NKRI, maka perlu mengutarakan pesan kepada mereka agar tidak berani coba-coba merongrong keutuhan bangsa Indonesia

Berkaitan dengan hal tersebut, seharusnya seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali mendukung pemerintahan Jokowi yang telah sah secara demokrasi. Tentunya hal tersebut harus dibarengi dengan berhentinya rongrongan berupa aksi demo yang tak berkesudahan. Mulai dari program kepemerintahan hingga keputusan yang diambil haruslah bisa dihormati. Mengingat proses pengambilan keputusan akan suatu masalah pastinya didasarkan pada banyak pertimbangan. Selain itu, seluruh warga negara Indonesia wajib mendukung penuh pemerintahan tanpa ada agenda kepentingan lainnya.

Lebih lanjut dukungan ini dinilai akan membantu kepemimpinan Jokowi semakin kuat dan kokoh dalam upaya pembangunan naisonal. Menyejahterkan rakyat di berbagi sektor, serta tak lupa menjadi bangsa yang bermartabat dan disegani. Meski tak menampik adanya kekisruhan yang terjadi menandakan jika adanya tanggapan kritis beserta perhatian akan pemerintahan. Namun, tak lantas dijadikan alat guna merongrong kekuasaan. Sebab, bagaimanapun juga banyak pihak yang yakin akan masadepan yang baru oleh Jokowi-Ma’ruf di lima tahun mendatang. Dukung penuh Jokowi-Ma’ruf!

)* Penulis adalah pemerhati sosial politik

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close