Sendi Bangsa

Jokowi Ingin Persatuan Jadi Kunci Membangun Indonesia Maju

Jakarta, LSISI.ID – Analis politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira), Kupang, Marianus Kleden menilai Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar persatuan jadi kunci keberhasilan. Keberhasilan tersebut tentunya dalam membangun Indonesia yang maju dalam segala hal.

“Jokowi bergerak dari konteks global menuju konteks nasional, di mana persatuan menjadi kunci keberhasilan membangun Indonesia yang maju dalam segala hal,” kata Marianus dalam keterangannya, dilansir dari laman Antaranews, Senin (22/7/2019).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada Unwira itu menyebut, penekanan Jokowi pada persatuan, mengingatkan kembali seluruh anak bangsa ini akan pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 silam yang juga menekankan persatuan, dan menjadi basis bagi pergerakan Indonesia ke depan.

Menurutnya, untuk membangun Indonesia maju, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mulai dengan membangun infrastruktur yang menghubungkan berbagai daerah, dan berbagai sektor produksi.

Infrastruktur lanjut Marianus, menjadi kondisi bagi keterhubungan sentra ekonomi, Dengan ekonomi yang kuat kata dia, dapat membangun sumberdaya mamusia (SDM) yang bermutu.

“Logika ini menarik karena orang sering bicara tentang membangun mulai dari SDM untuk memajukan segala bidang, dengan alasan SDM menjadi motor penggerak yang menarik seluruh gerbong,” katanya.

Oleh karenanya, benarlah logika yang dibangun Jokowi bahwa infrastruktur harus lebih dulu dibangun sebelum membangun SDM. SDM yang bermutu menurutnya, harus dibangun sejak janin, bayi, usia dini dengan memerhatikan kesehatan ibu dan anak, hingga memerhatikan bakat-bakat istimewa yang perlu mendapat perhatian khusus dari lembaga-lembaga pengembangan bakat.

“SDM yang sudah jadi perlu diberi lapangan kerja dengan mengundang sebanyak mungkin investor yang membuka lapangan kerja, dan ditunjang melalui manajemen birokrasi yang ringkas agar proses penyediaan lapangan kerja menjadi mudah dan aksesibel,” kata dia.

Sumber : okezone.com

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close