Polemik Politik

Otsus Papua Memberikan Banyak Manfaat

Oleh : Moses Waker )*

Otonomi khusus sangat didukung oleh masyarakat Papua karena telah memberi banyak manfaat. Di antaranya beasiswa untuk para pelajar dan mahasiswa dan dana untuk membangun infrastruktur di Bumi Cendrawasih. Oleh karena itu, warga sipil Papua menyetujui perpanjangan otsus di tahun 2021, karena sudah merasakan manfaatnya.

Tahun 2021 adalah saat yang krusial karena ada perpanjangan otsus. Program ini akan terus diperpanjang hingga 20 tahun ke depan, karena masyarakat Papua telah merasakan banyak manfaatnya, yakni pembangunan Jalan Trans Papua dan infrastruktur lain. Selain itu, mereka mendukung otsus karena ada aturan bahwa Gubernur dan Wakilnya harus orang asli Papua, sehingga mereka bisa membangun daerahnya sendiri.

Arkaleus Dowansiba, salah satu tokoh pemuda Manokwari, mendukung perpanjangan otsus karena setiap program pemerintah tujuannya baik. Tidak mungkin pemerintah membuat program yang merugikan masyarakat. Dalam artian, ia mewakili suara warga Papua tentang otsus dan turut merasakan manfaat dari program ini.

Arkaleus melanjutkan, ia menolak provokasi yang mengganggu keamanan, ketenangan, dan kedamaian. Dalam artian, otsus jangan sampai diganggu oleh pihak-pihak yang ingin mengusiknya. Jangan sampai ada provokasi, sehingga masyarakat sipil ikut-ikutan menolak otsus jilid 2, karena mereka yang akan rugi sendiri.

Saat otsus jilid 1, dana yang dikeluarkan pemerintah mencapai 1,2 trilyun (per 20 tahun) dan diprediksi akan lebih besar lagi untuk otsus jilid 2. Jadi ketika progam ini dihentikan, pembangunan di Papua bisa terganggu. Jangan sampai hal ini menyebabkan kondisi Papua menjadi tertinggal dengan daerah lain, karena kurangnya dana.

Otsus telah memberi banyak manfaat dan yang paling viral adalah Jalan Trans Papua. Jalan ini membuat mobilitas masyarakat jadi lebih cepat, sehingga mereka bisa menghemat  waktu tempuh saat akan menuju distrik lain. Saat mobilitas lancar, otomatis distribusi juga lancar, sehingga akan membantu bisnis dari para pengusaha Papua.

Bayangkan jika otsus dihentikan begitu saja, maka jalan Trans Papua akan terhambat pembangunannya. Karena jalan ini baru 95% selesai. Sebuah proyek akan sangat nanggung saat dihentikan begitu saja, hanya karena masalah pendanaan yang terhenti. Karena otsus tidak diperpanjang lagi.

Jika otsus tidak diperpanjang, bagaimana nasib anak-anak Papua? Mereka tidak bisa melanjutkan sekolah dan kuliah karena tidak ada lagi beasiswa otsus. Sekolah dan perpustakaan yang perlu dipugar juga bisa terbengkalai karena ketiadaan dana otsus. Sehingga otsus harus dilanjutkan, agar mereka bisa jadi anak cerdas.

Otsus memang bermanfaat dan warga Papua mendukung perpanjangannya, tetapi diharap ada evaluasi agar program ini berjalan lebih baik lagi. Hendrik Krisifu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Cendrawasih menyatakan bahwa jika otsus memiliki kekurangan, maka semua pihak seharusnya sama-sama memperbaiki. Dalam artian, jangan hanya pemerintah yang disalahkan.

Semua pihak mulai dari pemerintah daerah, tetua adat, hingga masyarakat sipil seharusnya bekerja sama untuk memperbaiki otonomi khusus. Misalnya jika ada penyelewengan, maka warga bisa langsung melaporkan. Atau ketika masyarakat membutuhkan fasilitas baru, maka bisa minta dibangun dengan dana otsus. Keterbukaan ini akan membuat evaluasi otsus berhasil.

Jika ada kolaborasi, maka otsus jilid 2 akan berjalan dengan lancar. Sehingga di Papua akan makin maju dan tak lagi identik dengan kemiskinan dan keterbelakangan. Papua memiliki potensi yang sangat besar, sehingga pembangunan di sana wajib dilakukan sebaik mungkin.

Otsus Papua telah memberi banyak manfaat bagi masyarakat di Bumi Cendrawasih. Perpanjangan otsus sangan disambut baik, dan program ini harus dievaluasi lagi agar bisa berjalan dengan lancar. Masyarakat sangat bersyukur atas dana otsus sehingga wilayah Papua makin maju.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

tsus Papua Memberikan Banyak Manfaat

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button