Sendi BangsaWarta Strategis

Trans Papua Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Gub Fominggus
Gub Fominggus

Jakarta (LSISI) – Pembangunan jalan Trans Papua mendapat dukungan dari berbagai pihak karena dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, mengatakan pembangunan ruas jalan Trans Papua Barat yang menghubungkan satu kabupaten ke kabupaten yang lainnya di Papua Barat harus segera terhubung, sehingga dapat memacu pertumbuhan pembangunan ekonomi daerah.

Oleh karena itu, Pemda Papua Barat akan segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum agar dapat dialokasikan untuk APBN 2018 mendatang.

“Ini harus segera kita usulkan, agar akses jalan untuk menghubungkan daerah-daerah sekitar bisa dilalui. Seperti Kaimana ke Kabupaten Fakfak atau Kaimana ke Kabupaten Nabire. Ini untuk menghubungkan ruas jalan nasional yang dibangun dalam program Nawacita Presiden Jokowi,” tegas Dominggus saat melakukan pemantauan pembangunan jalan Trans Papua Barat bersama pejabat daerah, selasa (26/09/2017) lalu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa program pembangunan Trans Papua tidak hanya memberikan hasil berbentuk fisik, tetapi juga dapat membangun mentalitas masyarakat sekitar sehingga menjadi lebih optimis membangun ekonomi daerah.

Dukungan serupa disampaikan oleh Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau yang mengatakan akan mendukung penuh upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk segera mempercepat pembangunan ruas jalan untuk menghubungkan kabupaten/kota se Papua Barat.

“Bagi TNI pembangunan ruas jalan itu penting, karena selain memberikan kemudahan akses masyarakat agar dapat meningkatkan ekonomi mereka, tetapi di sisi lain untuk kepentingan keamanan wilayah. Untuk saat ini, Papua Barat, masih sangat aman dibandingkan dengan Provinsi Papua. Untuk itu, dengan pembangunan ruas jalan ini, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi kepentingan pembangunan di daerah ini, khususnya di Provinsi Papua Barat,” ucap Joppye saat melakukan pemantauan bersama Gubernur Papua Barat.

Selain memberi manfaat ekonomi, pembangunan jalan Trans Papua juga akan meningkatkan mobilisasi aparat kemanan dalam situasi darurat yang membutuhkan penanganan cepat.

Selanjutnya, dukungan juga disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kaimana, Dr. (cand) Ir. Nocolaas E. Kuahatty, M.Ec, Dev, bahwa pembangunan ruas jalan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kaimana, berada di beberapa titik yang menjadi prioritas pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana telah memberikan dukungan pembangunan Trans Papua dengan membangun sejumlah ruas jalan di wilayah Kaimana untuk menghubungkan ruas Jalan Trans Papua Barat. Lanjutnya.

“Kalau bisa, untuk mempercepat pembangunan ruas jalan di Kabupaten Kaimana, Pemerintah Provinsi bisa menyediakan alokasi anggaran bagi kabupaten/kota yang sudah berupaya untuk menyambungkan ruas jalan Trans Papua Barat dengan jalan yang sudah dibangun Pemda Kaimana,” tegasnya. (YH)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close